Rouf 'Azmi UNSUR-UNSUR ESENSIAL DARI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM | Kumpulan Makalah Perkuliahan

Thursday, 27 September 2012

UNSUR-UNSUR ESENSIAL DARI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM


UNSUR-UNSUR ESENSIAL DARI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Filsafat Pendidikan Islam merupakan suatu kajian filosofis mengenai berbagai masalah yang terdapat dalam kegiatan pendidikan dengan kajian keislaman. Unsur pokok yang ada dalam filsafat pendidikan islam meliputi tigal hal, yaitu: manusia, alam, dan pengetahuan. Manusia diciptakan Allah SWT dari saripati tanah dan air mani yang hina meliputi beberapa proses. Sedangkan alam diciptakan Allah SWT merupakan nikmat bagi manusia. Manusia mampu mempergunakan daya alam sekitarnya. Namun demikian, manusia mampu menundukan alam itu dengan izin Allah dan Allah memang telah menundukan baginya. Tentulah hal menundukkan alam itu tidak lepas dari pengetahuan dan pendidikan. Manusia diciptakan Allah dengan memiliki akal untuk berfikir dan dapat difungsikan untuk menundukan, memelihara dan menjaga alam melalui yang dipelajari serta diketahui oleh manusia dengan pendidikan.
Konsep Al-qur’an dan hadist sebagai pokok sumber pendidikan islam tidak mendapatkan perhatian lagi. Konsep itu hanya berdiam dikepala mengendap tanpa dikeluarkan dan diaplikasikan dalam pendidikan islam. Guru hanya mentransfer ilmu dan konsep yang ada tanpa memperdulikan arah yang diinginkan siswa. Padahal seharusnya pendidikan itu sendiri mengarahkan keinginan siswa sesuai dengan konsep fitrah manusia ketika dilahirkan.
Guru hanya mengajarkan konsep kepada siswa bahwa kita harus menjaga alam. Sementara praktek tauladan dari seorang guru sendiri tidak ada. Guru hanya berbicara, mengajak, tapi tidak mempraktekannya baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Konsep pengetahuan guru yang mengajar kurang mahir sangat berpengaruh terhadap siswa, alam sekitar dan pendidikan. Dampaknya semakin meluas ketika terjadi pemanasan global, alam mengamuk dan mengancam kehidupan manusia.  Oleh karena itu, perlu banyak hal yang mesti dibenahi dalam pendidikan di Indonesia ini. Bangsa yang maju adalah bangsa yang bagus pendidikannya.
Sistem pendidikan di Indonesia yang tidak berkonsep pada memanusiakan manusia dengan tidak melihat pada proses penciptaan manusia, alam dan pengetahuan mengahasilkan pendidikan carut-marut. Perlu disadari bahwa sistem pendidikan di Indonesia banyak hal mesti dirubah mulai dari kebijakan pendidikan, peraturan di lembaga sekolah, guru yang mengajar dan hal lainnya yang berhubungan dengan pendidikan. Sistem pendidikan yang berlaku di masyarakat Indonesia perlu ditata ulang, tak terkecuali lembaga pendidikan islam baik yang mandiri (swasta) maupun yang negeri masih terdapat banyak kebijakan yang tumpang tindih.
Beberapa permasalahan di dalam dunia pendidikan islam di atas, perlu mendapatkan perhatian khusus dan serius dari semua pihak. Permasalahan di atas bisa dikaji dengan filsafat pendidikan islam agar para pakar yang berada dalam dunia pendidikan bisa merubah sistem yang ada menjadi sistem pendidikan yang tidak ada dan diganti dengan sistem pendidikan baru yang lebih bagus.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana penciptaan manusia perspektif Al-qur’an?
2.      Bagaimana penciptaan alam perspektif Islam?
3.      Bagaimana pengetahuan perspektif Islam?
4.      Bagaimana kaitannya antara manusia, alam, pengetahuan dan pendidikan?



PEMBAHASAN

A.    PENCIPTAAN MANUSIA PERSEPEKTIF AL-QUR’AN
Tuhan menciptakan manusia terdiri dari ruh dan jasad. Proses penciptaannya pun rumit dan penuh misteri sebanding dengan jati dirinya yang unik dan tak terduga. Asal usul manusia terbagi dua, yakni Adam sebagai nenek moyang manusia dan manusia pada umumnya sebagai keturunannya. Penyebutan asal usul Adam beragam dalam Al-qur’an yang memakai kata tin, turab, shalshal seperti fakhkhar, dan shalshal yang berasal dari hama’ masnun. Berikut diuraikan satu persatu.

Lanjut Membaca: Klik Disini



Ditulis Oleh : Abdur Rouf Hari: 8:20 a.m. Kategori:

Comments
0 Comments

0 comments: