Rouf 'Azmi Bimbingan Konseling Islam | Kumpulan Makalah Perkuliahan

Friday, 3 May 2013

Bimbingan Konseling Islam


Oleh: Abdur Rouf
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar  Belakang Masalah
Kemajuan berpikir dan kesadaran manusia akan diri dan dunianya, telah mendorong terjadinya globalisasi. Situasi global membuat kehidupan semakin kompetitif dan  membuka peluang bagi manusia untuk mencapai status dan tingkat kehidupan yang lebih baik. Dampak positif dari kondisi global telah mendorong manusia untuk terus berfikir, meningkatkan kemampuan, dan tidak puas terhadap apa yang dicapainya pada saat ini. Adapun dampak negatif dari globalisasi, terjadinya keresahan hidup di kalangan masyarakat yang semakin meningkat karena banyaknya konflik, stress, kecemasan, dan frustasi.
Dengan demikian, kita harus sadar bahwa hidup dan kehidupan kita berhiaskan masalah, baik masalah yang datang dari diri kita sendiri maupun masalah yang datang dari luar. Namun, dengan niat yang kuat serta pemberian bantuan dari konselor dalam lingkup bimbingan konseling maka akan berhasil menyelesaikan (to solve) masalah-masalah yang dihadapi.
Pendidikan adalah salah satu bentuk lingkungan yang bertanggung jawab dalam memberikan asuhan terhadap proses perkembangan individu. Bimbingan dan konseling akan merupakan bantuan individu di dalam memperoleh penyesuaian diri sesuai dengan tingkat perkembangannya. Pelayanan bimbingan dan  konseling merupakan  komponen  pendidikan  yang  dapat  membantu  para siswa dalam proses perkembangannya. Pemahaman terhadap masalah perkembangan dengan prinsip-prinsipnya akan merupakan kebutuhan yang mendasar bagi pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling.
Tuhan Yang Maha Esa memberikan segenap kemampuan potensial kepada manusia, yaitu kemampuan yang mengarah pada hubungan manusia dengan Tuhannya dan yang mengarah para hubungan manusia dengan sesama manusia dan dunianya. Penerapan segenap kemampuan potensial itu secara langsung berkaitan dengan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Bebicara tentang agama terhadap kehidupan manusia memang cukup menarik, khususnya Agama Islam. Hal ini tidak terlepas dari tugas para Nabi yang membimbing dan mengarahkan manusia kearah kebaikan yang hakiki dan juga para Nabi sebagai figure konselor yang sangat mumpuni dalam memecahkan permasalahan (problem solving) yang berkaitan dengan jiwa manusia, agar manusia keluar dari tipu daya syaitan.
B.     Rumusan Masalah
1.      Pengertin Bimbingan dan Konseling Islami?
2.      Dasar-dasar Bimbingan Konseling Islam?
3.    Fungsi dan Tujuan Bimbingan dan Konseling Islam?
C.     Manfaat
Adapun tujuan penulisan makalah bimbingan konseling islam adalah:
1.      Untuk mengetahui pengertin Bimbingan dan Konseling Islami.
2.      Untuk mengetahui dasar-dasar Bimbingan Konseling Islam.
3.    Untuk mengetahui fungsi dan tujuan Bimbingan dan Konseling Islam.


Lanjut Baca: Klik Disni

Ditulis Oleh : Abdur Rouf Hari: 6:32 a.m. Kategori:

Comments
0 Comments

0 comments: