Rouf 'Azmi Pendidikan di Australia | Kumpulan Makalah Perkuliahan

Monday 3 June 2013

Pendidikan di Australia

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Masalah
Australia adalah satu-satunya benua di dunia yang hanya terdiri dari satu buah negara, yang juga disebut dengan Australia. Meski demikian, Australia memiliki 6 negara bagian serta 2 wilayah daratan (territori) yang mulai dikonstitusikan pada tanggal 1 Januari 1901. Keenam negara bagian tersebut antara lain adalah New South Wales (Ibukota: Sydney), Victoria (Ibukota: Melbourne), Queensland (Ibukota: Brisbane), Australia Selatan (Ibukota: Adelaide), Australia Barat (Ibukota: Perth), dan Tasmania (Ibukota: Hobart). Sedangkan kedua territornya adalah Northern Territory dan Australian Capital Territory. Ibukota negara Australia sendiri adalah Canberra.
Negara bagian dikepalai oleh seorang gubernur, sedangkan teritori dikepalai oleh seorang administrator. Pemerintah pusat memiliki wewenang yang lebih banyak pada sebuah teritori bila dibandingkan dengan pada negara bagian.
Australia dikenal oleh dunia sebagai tempat yang nyaman dan sehat untuk ditinggali. Penduduk di Australia ramah, udaranya bersih, lingkungan aman, fasilitas transportasi yang bagus, serta tunjangan pendidikan dan kesehatan berkleas internasional membuat Australia menjadi tempat yang bagus untuk ditinggali. Beberapa kota seperti Sydney, Melborune, Perth, dan Adelaide merupakan kota-kota yang bagus dan nyaman.
Pendidikan di Australia juga sangat bagus. Di tempat ini, Australia konon memiliki kualitas pendidikan yang tinggi, dan bahkan gelar atau ijasahnya pun diakui secara internasional. Selain itu, biaya pendidikan di Australia tergolong murah dan terjangkau bila dibandingkan dengan Inggris atau Amerika, bahkan pemerintah memberikan ijin bagi mahasiswa yang berasal dari luar Australia untuk bekerja baik fulltime maupun partime untuk memenuhi biaya pendidikan mereka. Australia juga menawarkan program studi yang sangat bervariasi, baik jurusan maupun jenjangnya. Hal ini mempermudah siswa dalam mencari sekolah yang sesuai dengan keinginannya.
Dengan begitu banyaknya kelebihan Australia di bidang pendidikan, maka ada baiknya Indonesia sedikit berkaca dari sistem pendidikan di Australia itu sendiri. Maka dari itulah, penyusun ingin membandingkan sistem pendidikan di Australia dan Indonesia, agar dapat diambil manfaat yang baik untuk kemajuan bangsa Indonesia.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah sistem pendidikan di Australia?
2.      Apakah kurikulum yang digunakan di Australia?
3.      Bagaimanakah keadaan profesi keguruan di Australia?
4.      Apakah peran pemerintah dalam pendidikan di Australia?
5.      Apa saja permasalahan pendidikan yang ada di Australia?
6.      Bagaimana perbandingan system pendidikan di Australia dan Indonesia?

C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui bagaimanakah sistem pendidikan di Australia.
2.      Untuk mengetahui apakah kurikulum yang digunakan di Australia.
3.      Untuk mengetahui bagaimanakah keadaan profesi keguruan di Australia?
4.      Untuk mengetahui apakah peran pemerintah dalam pendidikan di Australia.
5.      Untuk mengetahui apa saja permasalahan pendidikan yang ada di Australia.
6.      Untuk mengetahui bagaimana perbandingan system pendidikan di Australia dan Indonesia.

Lanjut Baca: Klik Disini


Ditulis Oleh : Abdur Rouf Hari: 10:37 pm Kategori:

Comments
0 Comments

0 comments: