Rouf 'Azmi Lanjut Baca [kompetensi pedagogik guru] | Kumpulan Makalah Perkuliahan

Wednesday 3 February 2010

Lanjut Baca [kompetensi pedagogik guru]

Baca Paragraf Sebelumnya: Klik Disini

1.      Menguasai Karakteristik Peserta Didik
           Guru mampu mencatat dan menggunakan informasi tentang karakteristik peserta didik untuk membantu proses pembelajaran. Karakteristik ini terkait dengan aspek fisik, intelektual, sosial, emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.
2.      Menguasasi Teori Belajar Dan PrinsipPrinsip Pembelajaran Yang Mendidik
           Guru mampu menetapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif sesuai dengan standar kompetensi guru. Guru mampu menyesuaikan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan memotivasi mereka untuk belajar.


3.      Pengembangan Kurikulum
           Guru mampu  menyusun silabus sesuai dengan tujuan terpenting kurikulum dan menggunakan RPP sesuai dengan tujuan dan lingkungan pembelajaran. Guru  mampu memilih, menyusun, dan menata materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
4.      Kegiatan Pembelajaran Yang Mendidik
           Guru mampu menyusun dan melaksanakan rancangan pembelajaran yang mendidik secara lengkap. Guru mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Guru mampu menyusun dan  menggunakan berbagai materi pembelajaran dan sumber belajar sesuai dengan karakteristik peserta didik. Jika relevan, guru memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (TIK) untuk kepentingan pembelajaran.
5.      Pengembangan Potensi Peserta Didik
           Guru mampu  menganalisis potensi pembelajaran setiap peserta didik dan mengidentifikasi pengembangan potensi peserta didik melalui program  embelajaran yang mendukung siswa mengaktualisasikan potensi akademik, kepribadian, dan kreativitasnya sampai ada bukti jelas bahwa peserta didik mengaktualisasikan potensi mereka.
6.      Komunikasi Dengan Peserta Didik
           Guru mampu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dan bersikap antusias dan positif. Guru mampu  memberikan respon yang lengkap dan relevan kepada komentar atau pertanyaan peserta didik.
7.      Penilaian dan Evaluasi
           Guru mampu menyelenggarakan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan. Guru melakukan evaluasi atas efektivitas proses dan hasil belajar dan menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. Guru mampu menggunakan hasil analisis penilaian dalam proses pembelajarannya.
KESIMPULAN
              Guru adalah desainer masa depan anak. Melalui sentuhannya, masa depan anak akan banyak ditentukan. Kesalahan perlakuan bisa berdampak fatal terhadap perkembangan anak, yang tidak hanya terjadi pada hari ini tapi justru nanti di kemudian hari.
              Oleh karena itu guru harus mampu mengoptimalkan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuannya di kelas, dan harus mampu melakukan kegiatan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Kemampuan yang harus dimiliki guru berkenaan dengan aspek pedagogik adalah :
1.      Menguasai Karakteristik Peserta Didik
2.      Menguasasi Teori Belajar Dan PrinsipPrinsip Pembelajaran Yang Mendidik
3.      Pengembangan Kurikulum
4.      Kegiatan Pembelajaran Yang Mendidik
5.      Pengembangan Potensi Peserta Didik
6.      Komunikasi Dengan Peserta Didik
7.      Penilaian dan Evaluasi
DAFTAR PUSTAKA
ü  Trianto s dan Titik TT. 2006. Tinjauan Yuridis Hak Serta Kewajiban Pendidik Menurut UU Guru dan Dosen. Jakarta: Prestasi Pustaka.
ü  Ahmad Sudrajat, 2012. KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. HTTP://WWW.M-EDUKASI.WEB.ID/2012/04/KOMPETENSI-PEDAGOGIK-GURU.HTML (Diunduh pada tanggal 29 Oktober 2012 18.00)
ü  UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN
ü  Permendiknas No.16 Tahun 2007 Tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.



[1] Undang-undang No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Ditulis Oleh : Abdur Rouf Hari: 2:58 pm Kategori:

Comments
0 Comments

0 comments: