Rouf 'Azmi Lanjut Baca [latar belakang masalah] | Kumpulan Makalah Perkuliahan

Wednesday 3 February 2010

Lanjut Baca [latar belakang masalah]

Baca Paragraf Sebelumnya: Klik Disni

·         ANALISIS melihat apa yang dibalik permukaan materi: melihat hubungan antar bagian dan keseluruhan, mengenali hubungan antara sebab-akibat, mencari hal-halpenting, mempertanyakan suatu validitas. Kata tanya yang digunakan BAGAIMANA, atau APA.Kalimat tanya yang dibentuk bukanlah kalimat tanya yang tertutup atau hanya membutuhkan jawaban “ya” atau “tidak”. Kalimat tanya yang dibentuk membutuhkan penjabaran dalam menjawabnya. Penjabaran itulah yang kemudian menjadi karya ilmiah yang disusun dalam bab-bab yang berurutan dan saling berhubungan.
Contoh rumusan masalah : Bagaimana menghasilkan trend prestasi akademik dari setiap angkatan mahasiswa berdasarkan hasil test masuk?
·         PERBANDINGAN berarti mencari perbedaan dan persamaan. Aspek yang dibandingkan disiapkan dan digunakan untuk menyusun penulisan. Contoh : Bandingkan ketepatan dokumen hasil pencarian dengan metode X dan Y berdasarkan faktor-faktor: jumlah istilah, bobot istilah dan kecepatan proses.
·         ARGUMENTASI (setuju atau tidak setuju) meminta kita berada di satu sisi berdasarkan analisis dari bukti-bukti yang kuat dan alasan yang jelas dan dapat diterima.
2.      Siapkan sumber informasi
Ketika permasalahan sudah ditentukan dan jelas, maka sumber informasi dapat mulai dicari. Sumber informasi yang tersedia dalam suatu institusi akademik adalah :
a)      Buku pegangan kuliah yang digunakan para dosen untuk mengajar. Sifat buku ini biasanya berisi teori dan latihan. Buku ini cocok untuk pengajaran dan dasar dari teori-teori yang sedang dipelajari.
b)      Buku umum referensi seperti ensiklopedia dan kamus bidang ilmu tertentu yang digunakan untuk mengenalkan hal-hal dasar. Cocok untuk mahasiswa pemula.
c)      Jurnal ilmiah digunakan untuk mendapatkan pengembangan terbaru dalam bidang ilmu tertentu dan sangat cocok untuk menjadi referensi karya ilmiah. Jurnal ilmiah dapat dalam bentu cetak maupun digital (database online).
d)     Sumber informasi di Internet berupa situs-situs yang sesuai dengan bidang ilmu.
e)      Data statistik dan data-data dari pemerintah dapat didapatkan secara online seperti misalnya pada situs Badan Statistik Nasional. Perkembangan daerah daerah,tertentu atau negara tertentu dapat dipantau dari situs resmi pemerintah terkait.
f)       Sumber informasi lain adalah hasil wawancara dan hasil observasi dari mahasiswa yang berkaitan dengan karya yang sedang dikerjakan.
3.      Menyempitkan atau memperluas topik
Seringkali kita mendapati bahwa topik yang dipilih masih terlalu sempit artinya sumber informasi yang ditemukan sangat terbatas, ukuran karya ilmiah yang akan dihasilkan tidak mencukupi standar yang ditentukan (jumlah halaman misalnya), atau terlalu luas karena sumber informasi terlalu banyak sehingga perlu dipersempit cakupannya sampai sumber informasi yang digunakan cukup, misalnya 5 dari 25 sumber informasi.
Menyempitkan atau memperluas juga diperlukan berkenaan dengan popularitas dari topik tersebut, jika topik sudah banyak dibahas dan diteliti, maka perlu perbaikan sehingga menghasilkan topik yang punya fokus khusus dari topik tersebut.
4.      Permasalahan (thesis statement or research question)
Dari jenis karya ilmiah yang ditetapkan dapat ditentukan beberapa hal:
a)      argumentasi/thesis
·         intinya pada pernyataan berdasarkan analisis dan bersifat argumentasi
·         menyatakan apa pilihan/cara yang terbaik/tercepat/ paling tepat didasari pada hasil analisis
·         menjawab pertanyaan “APA” dan “MENGAPA” dalam rangka membuktikan bahwa apa yang dinyatakan itu benar
·         berada pada salah satu sisi dari topik
·         pernyataan harus lolos uji “SO WHAT”, artinya pernyataan tersebut dianggap penting, menarik dan layak untuk diperdebatkan
·         sifatnya terfokus dan sempit
b)      Analisis
·         intinya pada pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang akan diteliti, dicari jawabannya atau didapatkan solusinya
·         mencari kemungkinan-kemungkinan pilihan/cara yang terbaik/tercepat/paling
·         pertanyaan lolos uji “SO WHAT”, artinya pertanyaan tersebut akan menghasilkan jawaban yang layak dianalisis, dan menghasilkan temuan baru atau lain
·         sifatnya luas, fokus pada beberapa hal
5.      The "So What?" Test
Ketika merencanakan untuk menulis, hal yang penting untuk diperhatikan adalah:
a)      usahakan/cari/pilih topik yang pantas untuk diperdebatkan atau untuk digali lagi.
b)      Permasalahan atau argumentasi yang disajikan masih populer, menarik untuk dibahas atau kontroversial
c)      Selalu bertanya :” SO WHAT” (apa pentingnya topik ini?) atau “WHO CARES” (siapa akan tertarik/peduli?)


  

BAB III
Kesimpulan

Latar belakang masalah merupakan uraian hal-hal yang menyebabkan perlunya dilakukan penelitian terhadap sesuatu masalah atau problematika yang ditulis dalam bentuk uraian paparan, atau poin-poinnya saja. Kemudian Perumusan masalah, adalah  usaha untuk menyatakan secara tertulis pertanyaan-pertanyaan yang ingin dicari jawabannya melalui penelitian.

Daftar Pustaka

Anggoro, M. Toha.  2008. Metode Penelitian edisi 2. Jakarta: Univrsitas Terbuka
Surakhmad, winarno. 1990. Pengantar penelitian ilmiah, dasar metode dan teknik. Bandung: Tarsito.
Hamid, Sarah.“Scope”. Writing A Research Paper. Dapat diakses online di http://owl.english.purdue.edu/workshops/hypertext/ResearchW/scope.html. Tgl akses 19/11/11.
Hamid, Sarah.“Genre”. Writing A Research Paper. http://owl.english.purdue.edu/workshops/hypertext/ResearchW/genre.html. Tgl akses 19/11/11.


[1] Anggoro, M. Toha.  2008. Metode Penelitian edisi 2. Jakarta: Univrsitas Terbuka. Hal. 1.15


Ditulis Oleh : Abdur Rouf Hari: 3:32 pm Kategori:

Comments
0 Comments

0 comments: