Rouf 'Azmi Lanjut Baca [prestasi abu bakar as] | Kumpulan Makalah Perkuliahan

Wednesday 3 February 2010

Lanjut Baca [prestasi abu bakar as]

Baca Paragraf Sebelumnya: Klik Disini
1.      Perang Melawan Orang-Orang Murtad
Setelah Rasulullah wafat, seluruh jazirah Arab murtad dari agama Islam kecuali Makkah, Madinah, dan Thaif. Sebagian orang murtad ini kembali kepada kekufuran lamanya dan mengikuti orang-orang yang mengaku sebagai nabi, sebagian yang lain hanya tidak mau membayar zakat.
Kemurtadan pada saat itu terjadi di mana-mana dan menimbulkan kekacauan. Untuk itu Abu Bakar mengirimkan 11 pasukan perang ke 11 daerah tujuan. Antara lain Khalid bin walid ditugaskan menundukkan Thulaihah al-asadi, pasukan amir  bin ash ditugaskan di Qudhla’ah, Suwaid bin muqrim ditugaskan ke yaman, dan Khalid bin said ditugaskan ke syam. Perang melawan kemurtadan ini disebut juga perang Riddah.
Kemurtadan ini disebabkan karena rasa kesukuan dan sikap paternalistic, yaitu tunduk secara membabi buta kepada pemimpinnya dan juga banyak masyarakat yang kembali kepada keyakinan lamanya, yakni menyembah berhala. Suku-suku tersebut menyatakan bahwa mereka hanya memiliki perjanjian dengan nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu , kematian Nabi Muhammad SAW. Menjadi alasan sehingga perjanjian itu tidak berlaku lagi.
2.      Memberantas orang-orang yang mengaku sebagai nabi (nabi palsu)
Pada masa pemerintahan Khalifah Abu Bakar banyak orang-orang yang mengaku dirinya sebagai nabi, antara lain musailamah al-kadzab, Thlaiha al Asadi dan al-aswad al-ansi.
3.      Penghimpun Al-Quran (12 H/633 M)
Satu kerja besar yang dilakukan pada masa pemerintahan Abu Bakar adalah penghimpunan Al-Quran. Abu Bakar ash-Shiddiq memerintahkan kepada Zaid bin Tsabit untuk menghimpun Al-Quran dari pelapah kurma, kulit binatang, dan dari hafalan kaum muslimin.
Hal ini dilakukan sebagai usaha untuk menjaga kelestarian Al-Quran setelah syahidnya beberapa orang penghafal Al-Quran di perang Yamamah. Umarlah yang mengusulkan pertama kali penghimpunan Al-Quran ini. Sejak itulah Al-Quran dikumpulkan dalam satu mushaf. Iilah untuk pertama kalinya Al-Quran dihimpun.



Ditulis Oleh : Abdur Rouf Hari: 2:22 pm Kategori:

Comments
0 Comments

0 comments: