Rouf 'Azmi Strategi Pembelajaran Planted question | Kumpulan Makalah Perkuliahan

Wednesday 19 December 2012

Strategi Pembelajaran Planted question


Teknik ini membantu Anda untuk mempresentasikan informasi dalam bentuk respons terhadap pertanyaan yang telah ditanamkan/diberikan sebelumnya kepada siswa tertentu 

Prosedur:
  1. Pilihlah pertanyaan (3-6) yang akan mengarahkan pada materi perkuliahan yang akan disajikan. 
  2. Tulislah setiap pertanyaan pd satu kartu indeks (berukuran 10 x 15 cm), & tulislah isyarat yg akan digunakan untuk memberi tanda kapan pertanyaan tsb diajukan. Tanda yang bisa digunakan di antaranya adalah:  (1) menggaruk atau mengusap hidung; (2) membuka kaca mata, dan (3) membunyikan jari jari. 
  3. Instruksi dalam kartu itu akan tampak seperti: JANGAN TUNJUKKAN KARTU INI KEPADA SIAPA PUNSetelah beristirahat, saya akan membahas "Apakah kecerdasan itu diwariskan?" dan kemudian mempersilakan Anda untuk bertanya. Ketika saya mengggaruk hidung, angkat tangan dan tanyakan pertanyaan: “Apakah bentuk kecerdasan itu hanya satu?”Jangan baca pertanyaan itu keras-keras. Hafalkan dan ungkapkan pertanyaan tersebut dengan kata-kata Anda sendiri.
  4. Sebelum perkuliahan dimulai, pilihlah siswa yang akan mengajukan pertanyaan tersebut. Berikan setiap kartu indeks dan jelaskan petunjuknya. Yakinkan bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak diketahui siswa lain.
  5. Bukalah sesi tanya jawab dengan menyebutkan topik yang akan dibahas dan berilah israyat pertama. Kemudian, jawablah pertanyaan pertama dan teruskan dengan tanda-tanda dan pertanyaan-pertanyaan berikutnya.
  6. Sekarang, bukalah forum untuk pertanyaan baru (bukan pertanyaan yang sebelumnya telah dibuatkan atau diajukan .



Ditulis Oleh : Abdur Rouf Hari: 2:21 am Kategori:

Comments
0 Comments

0 comments: