Rouf 'Azmi Baca dan Fahamilah Al-Qur'an | Kumpulan Makalah Perkuliahan

Friday 19 October 2012

Baca dan Fahamilah Al-Qur'an

Belajar membaca al-quran merupakan keharusan bagi ummat islam. Karena kitab suci umat islam ini tidak ditulis dalam bahasa arab. Walaupun memang diterjemahkan ke dalam macam-macam Bahasa tetapi tidak merubah isi al-qur’an satu hurufpun. 

Suatu kebanggaan jika kita bisa membaca al-Qur'an dengan fasih dan benar. banyak dikalangan anak muda muslim zaman sekarang yang belum lancar atau bahkan belum bisa sama sekali membaca al-qur'an. hal ini membuktikan bahwa kualitas kecintaan anak muda sekarang mempelajari al-Qur'an makin menurun.

Ada sebuah cerita, aku terkejut ketika mampir sholat jama'ah di suatu mushola di belakang mall terkenal yogyakarta, aku melihat pemandangan yang sangat menyentuh jiwaku. ketika sholat maghrib selesai ditunaikan, jamiyah sholat tersebut membaca al-qur'an secara fasih, yang mengejutkan ku adalah jamiyah tersebut kebanyakan orang yang tua dan lanjut usia. meskipun beliau sulit mengucapkan makhroj al huruf dengan fasih mereka tetap antusias mengikuti pengajian tersebut. aku merenung sejenak "ah jikalau anak muda sekarang mempunyai semangat seperti pak tua itu, pasti majulah peradaban islam".

Sebenarnya banyak manfaat yang terkandung jika kita mau membaca al-qur'an, diantaranya sebagai berikut:
  1. Ayat-ayat al-Qur’an yang dibaca setiap hari akan memberikan motivasi dan penyemangat bagi si pembacanya.
  2. Kita mempunya kontrol diri dalam beraktifitas sehari-hari, karena ayat yang kita baca adalah UUD kehidupan manusia islami.
  3. Orang yang selalu akrab dengan ayat-ayat akan diberikan jiwa yang sejuk, hati yang damai dan pikiran yang jernih, sehingga membuatnya ingin selalu beramal, kreatif, inovatif dan produktif.
  4. Orang yang membaca al-Qur’an akan selalu berada dalam kegembiraan dan penuh harapan, di saat orang lain merasakan kesedihan, kecemasan dan rasa pesimis. Karena diri mereka selalu dipompa dengan siraman ayat-ayat-Nya yang lembut.
  5. Orang yang membaca dan menjaga al-Qur’an selalu berada dalam lindungan dan penjagaan Allah.
  6. Ayat-ayat al-Qur’an mengajak pembacanya untuk senantiasa berpikir, merenung dan beramal sebanyak-banyaknya.
  7. Orang yang rajin membaca al-Qur’an akan selalu diberikan jalan kemudahan dan petunjuk sehingga tidak mudah untuk menyimpang dan menyerah karena ayat-ayat Allah akan selalu mengingatkan dirinya ketika dirinya ‘tersandung dosa dan maksiat.
Masih banyak manfaat lainnya mempelajari al_qur'an. jadi kita anak muda generasi islami mari tingkatkan kualitas intelektual kita dengan semangat mempelajari Al-quran.

Ditulis Oleh : Abdur Rouf Hari: 1:32 pm Kategori:

Comments
0 Comments

0 comments: