Rouf 'Azmi Tips Praktis Memilih Hewan Kurban | Kumpulan Makalah Perkuliahan

Tuesday 23 October 2012

Tips Praktis Memilih Hewan Kurban


Beberapa hari lagi kita akan menjumpai hari raya iedul adha atau sering kita sebut dengan hari raya Qurban. makin banyak penjual hewan sapi dan kambing memperjual belikan hewannya untuk dijadikan hewan qurban. untuk itu sebelum membeli hewan qurban harus mengetahui kriteria hewan yang pas dan sesuai dengan syari'at islam untuk dijadikan hewan qurban, berikut adalah tips dalam memilih hewan qurban:

Secara umum, kriteria hewan kurban ada dua:
  1. Kriteria keabsahan, yaitu semua sifat yang ada pada hewan, sehingga bernilai sah jika digunakan untuk berkurban.
  2. Kriteria sunah, artinya beberapa sifat hewan yang dianjurkan untuk mendapatkan keutamaan yang lebih dibanding hewan lainnya dalam pelaksanaan ibadah kurban.

Secara khusus, kriteria hewan qurban yang sah untuk dijadikan qurban:
  1. Pilihlah hewan yang giginya sudah kupa atau rata. Hal itu menandakan hewan sudah cukup umur untuk dipotong. Biasanya kambing cukup umur untuk dipotong setelah berusia 12 bulan, sementara sapi cukup umur setelah 2 tahun.
  2. Hewan yang sehat memiliki lubang pengeluaran yang bersih. Lubang yang dimaksud adalah mata, telinga, hidung, dan anus. Selain itu seluruh lubang tersebut juga tak boleh berdarah.
  3. Hewan tersebut bisa bergerak dengan lincah.
  4. Bulu di tubuhnya tampak halus dan mengkilat.
  5. Cermin hidung basah namun tak berlendir.
  6. Kuku dalam keadaan utuh dan badannya tak terluka.

Selain ciri fisik di atas, Anda juga perlu memperhatikan hati hewan kurban setelah disembelih. Pasalnya ada hewan yang hatinya terkontaminasi cacing. Hal itu memang tak berbahaya dan tidak mempengaruhi kualitas daging. Namun ada baiknya hati itu segera dibuang karena sudah tak bergizi.


Ditulis Oleh : Abdur Rouf Hari: 5:58 am Kategori:

Comments
0 Comments

0 comments: